Jembatan Barelang, Batam, Kepulauan Riau

Jembatan Barelang  (singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANGadalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau BatamPulau TontonPulau NipahPulau RempangPulau Galang dan Pulau Galang Baru. Tapi sekarang saya tidak membahas tentang ke 6 jembatan Barelang karena terlalu panjang untuk melewati ke enam jembatan itu menempuh jarak 54 km atau  lebih kurang 9 jam dari kota batam .






Tapi sekarang aku akan me review dari jembatan pertama yaitu bernama jembatan Tengku Fisabililah, jembatan terpanjang yang ada di kota batam. Di jembatan ini kita diperbolehkan berhenti untuk hanya sekedar mengambil gambar ataupun menyantap makanan yang ada di sana seperti bakso, jagung bakar dan banyak yang lain, sebagai objek wisata kecil-kecilan.









Bagi anda yang bukan warga Batam, saya rasa belum tau banyak tentang jembatan ini. Seperti halnya saya yang memang bukan warga Batam dan hanya kebetulan singgah setelah perjalanan jauh dari Surabaya menggunakan jasa penerbangan domestik hanya bisa mengabadikan momen langka yang barangkali tak pernah saya bisa ulangi dalam waktu dekat.

Kemegahan Jembatan Barelang ini bisa dirasakan saat saya berada di atasnya dan mengambil obyek foto yang ada di sekelilingnya. Jauh mata memandang yang terlihat luasnya perairan dan kecilnya daratan yang ada di seberang. Kesan yang muncul adalah begitu panjang dan luasnya jembatan ini. Barangkali semegah bahkan mungkin lebih dari jembatan Surabaya Madura (Suramadu). 

Bedanya, di Jembatan Suramadu, meski saya bisa memastikan yang terlihat di seberang hanya lautan dan di kejauhan terlihat pulau Madura yang tampak kecil, saya tak mampu berhenti dan memang dilarang berhenti untuk sekadar mengabadikan momen kebesaran Jembatan Suramadu.

Panjangnya Jembatan Barelang yang menghubungkan 6 pulau dengan panjang 54 kilometer ini jelas mengalahkan Jembatan Suramadu dari sisi panjangnya, sementara untuk desain konstruksinya, saya tidak mampu menyimpulkan. Karena memang bukan orang teknik yang punya perhitungan konstruksi juga memang karena saya malas saja mencari datanya... hahahahaha...

Jembatan Barelang ini diprakarsai oleh mantan presiden Republik Indonesia Bapak Baharuddin Jusuf Habibie. Jembatan ini sudah menjadi ikon penting dari Batam yang menjadi titik luar segitiga emas tiga negara ASEAN, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Jika anda bukan warga Batam dan kebetulan melewatinya, sayang sekali jika anda tak mengabadikannya, saran saya, abadikan momen sebentar anda dengan kamera DSLR anda, jika tidak ada, smartphone boleh lah. Biar gak mati penasaran. Hahahaha

Previous
Next Post »